Laporan Hasil Pengamatan Kerajinan Berbahan Batu, Logam, dan Plastik

LAPORAN HASIL PENGAMATAN

 KERAJINAN BERBAHAN BATU, LOGAM DAN PLASTIK 

YANG ADA DI RUMAH 


  Hai teman - teman, hari ini saya akan menjelaskan tentang hasil pengamatan saya terhadap kerajinan berbahan batu, logam, dan plastik yang ada di rumah saya. 

     Batu adalah benda padat yang terbuat secara alami dari mineral. Logam adalah unsur yang jumlahnya paling banyak di bumi ini. Plastik adalah bahan yang dibuat dengan cara polimerisasi yakni dengan menggunakan monemer yang dibentuk atau disusun secara sambung -  menyambung. 

A) Kerajinan dari Batu

    1) Cobek Batu
     
    
      Jenis batu yang biasa digunakan untuk membuat cobek adalah Batuan Beku. Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma pijar dan membeku sehingga menjadi padat. Kalau untuk membuat cobek, biasanya jenis batuan beku yang dipilih adalah Batu Andesit. Batu andesit terbentuk saat temperatur lava yang meleleh antara 900 sampai 1100 derajat celcius. Batu andesit berciri - citi bertekstur halus, berwarna abu - abu hijau namun juga ada yang berwarna merah ataua jingga.

     2) Kalung
    
     
         Jenis batu yang digunakan dalam pembuatan kalung itu adalah Batu Obsidian. Batu Obsidian sendiri termasuk jenis Batuan Beku. Batu obsidian terbentuk dari lava permukaan yang mendingin dengan cepat. Batu ini memiliki ciri - ciri berkaca - kaca dan tidak ada kristal - kristalnya. Warna batu ini ada yang hijau, merah, coklat, dan hitam. Sifat batu ini keras dan membentuk serpihan tajam, mineral yang ada dalam batu ini juga sejajar.

B) Kerajinan dari Logam

     1) Cincin, Anting - Anting, dan Gelang

      
       Cincin, anting - anting, dan gelang tersebut terbuat dari logam Titanium. Titanium adalah logam yang bersifat kuat, berwarna putih, dan mudah dibentuk, dan tahan terhadap korosi. Dalam kondisi standar titanium berwarna keperakan dan ringan. Titanium lebih kuat dari aluminium bahkan disebut sekuat baja namun memiliki berat yang lebih ringan.

     2) Cincin
   
      
          Cincin tersebut terbuat dari logam Emas. Emas adalah logam yang memiliki harga dan nilai jual tinggi. Sifat logam emas adalah lunak dan berwarna kuning terang. Logam emas memiliki harga sesuai dengan berat dan ukurannya, semakin berat dan besar maka semakin mahal. 

      3) Sendok dan Garpu
          
       
           Sendok dan garpu terbuat dari logam stainless steelStainless steel adalah jenis baja yang tahan akan karat. Stainless steel adalah logam paduan dari beberapa unsur logam yang dipadukan dengan komposisi tertentu. Stainless steel yang digunakan untuk membuat sendok dan garpu tersebut adalah jenis Martensitic Stainless Steel. Sifat logam ini selain tahan karat adalah punya tingkat kekerasan tinggi, punya kandungan krom yang tinggi, dan berpenampilan menarik.

C) Kerajinan dari Plastik

     Pajangan Dinding
  
       
          Panjangan dinding tersebut memanfaatkan botol air plastik dan sendok plastik. Botol air plastik dan sendok plastik tersebut termasuk jenis Plastik PET ( polyethylene terephthalate ). Botol air plastik dan sendok plastik cenderung tahan lama, kuat, ringan, dan mudah dibentuk ketika panas. Berdasarkan kinerja dan penggunaannya, botol air plastik dan sendok plastik tersebut termasuk dalam jenis Plastik Komoditas. Plastik Komoditas adalah plastik yang memiliki sifat mekanik tidak terlalu bagus dan tidak tahan panas. Berdasarkan sifat fisiknya, botol air plastik dan sendok plastik termasuk dalam jenis Termoplastik. Termoplastik adalah jenis plastik yang dapat didaur ulang atau dicetak lagi dengan pemanasan ulang. 

     Berikut tadi adalah hasil pengamatan saya terhadap kerajinan dari batu, logam, dan plastik yang ada di rumah saya. Sekian dan terima kasih:) 


     



Komentar

Postingan Populer